Debunk The Myths! (Menepis Mitos Kanker)

World Cancer Day 2013 pose bersama Survivor Kanker / Relawan CISC dan Tim Dokter dari Departemen Radioterapi RSCM Jakarta

World Cancer Day 2013 pose bersama Survivor Kanker / Relawan CISC dan Tim Dokter dari Departemen Radioterapi RSCM Jakarta

World Cancer Day diperingati setiap tanggal 4 Februari. Menepis Mitos Kanker adalah tema yang di usung tahun ini.

Walau bulan Februari telah berlalu, hendaknya perhatian terhadap Kanker tetap berkelanjutan yang diimbangi usaha bersama untuk menanggulanginya.

Caranya?     

Sangat sederhana, kalau belum tahu, cari tahu. Kalau sudah tahu,  beritahu yang belum tahu. Mendiang Menteri Kesehatan, DR Endang Rahayu Sedyaningsih Mamahit pernah berkata : “Jangan tidak tahu dan tidak mau tahu”

Sebab ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat yang sebetulnya sangat membutuhkan informasi yang benar, dalam hal ini mengenai penyakit yang dinamai kanker.

Mitos  mengenai Kanker di Dunia (Sumber dari World Cancer Day 2014 RSCM)

Mitos 1: Kita tidak perlu membicarakan kanker.

Fakta   : “Kanker bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Dengan mengerti kanker, kita dapat melakukan pencegahan & membantu orang di sekitar kita untuk memahami kanker”.

Mitos 2 : Kanker tidak memiliki Tanda & Gejala

Fakta    : “Pada hampir semua Kanker terdapat tanda dan gejala yang khas bila kita teliti dan memperhatikan”.

Mitos 3 : Tidak ada yang bisa saya  lakukan untuk Kanker

Fakta    : “Kita dapat melakukan tindakan dari level individu, komunitas, maupun pembuat kebijakan. Paling tidak, 3 Kanker terbanyak dapat dicegah bila kita mau bertindak”.

Mitos 4 : Saya tidak punya hak dalam pengobatan Kanker

Fakta   : “Setiap orang berhak mendapat pengobatan medis bila terkena Kanker. Kita semua sejajar dalam mencari pengobatan”.

Dengan mengetahui Fakta, kita satukan tekad bersama berusaha mencegah dan menanggulangi penyakit Kanker.

Kanker, memang Rumit, tetapi selalu ada jalan bila Kita mau Berusaha.

Terima kasih.

Salam,       

I M G 

Image

World Cancer Day 2014 Survivor, Relawan CISC dan Tim Dokter MRCCC Hospital berfoto bersama sebelum bertugas membagi brosur diseputar RS.

2 thoughts on “Debunk The Myths! (Menepis Mitos Kanker)

Leave a comment